LOGO FIX - WARNA
Konsistensi UKM Unit Penelitian Ilmiah (UPI) Fakultas Biologi memang tidak diragukan lagi, setelah tahun lalu suskes menggelar Central Java Science Competition 5thsaat ini UKM UPI bersiap menggelar BIOSFER 1st “Biology Olympiad Science Festival and Research” 2014.Gelaran Biosfer 1st diisi dengan Olimpiade Biologi se-Jateng dan Jabar dan Lomba Karya Hasil Penelitian (LKHP) tingkat Nasional. Kegiatan yang direncanakan digelar pada tanggal 20-21 September mendatang bertepatan dengan dies natalis kampus biru ke 51. Acara yang mengusung tema “Pengembangan Sumber Daya Alam Sebagai Upaya Konservasi Dan Pemanfaatan Berkelanjutan secara Inovatif, Aplikatif dan Terbarukan” akan menjadi ajang bergengsi yang mempertemukan scientist-scientist muda dari berbagai SMAdiseluruh penjuru tanah air. Kegiatan ini diharapkan akan melahirkan scientist-scientis muda yang dapat mengeksplor bakat dan kemampuannya untuk mampu menjawab permasalahan global yang semakin kompleks.

Salah satu pengurus UPI Akhmad Arifin menegaskan bahwa kegiatan sejenis telah digelars ejak tahun 2003, hal ini merupakan salah satu bentuk konsistensi UPI dalam mengembangkan bakat dan kemampuan para ilmuwan muda. “Gelaran inimerupakan wadah bagi para ilmuwan muda untuk untuk gigi, sekaligus beradu ide, inovasi dan kreativias. Selain itu gelaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat generasi muda untuk menekuni ilmu biologi”jelasnya Lebih dalam Arifin mengungkap bahwa untuk mengelola kekayaan alam Indonesia sebesar ini, dibutuhkan biolog-biolog handal yang tidak sedikit, namun saat ini salah satu kita dihadapkan pada rendahnya minat gerenasi muda untuk menjadi seorang biologi. Melalui Biosfer kami berharap para ilmuwan muda ini mampu membuka cakrawala dan pemahaman akan pentingnnya peran biolog bagi negeri ini, sehingga akan menumbuhkan minat generasi muda untuk menekuni bidang ini.

Gelaran ini merupakan salah satu sumbangsih Fakultas Biologi untuk mendukung visi, misi, dan tujuan pendidikan nasional. Melalui gelaran ini diharapkan akan lahir insan yang cerdas baik cerdas secara intelektual, emosional, sosial, spiritual dan kinestetik. Disamping itu kompetisi ini juga akan membangun pribadi yang terampil baik secara hard skill maupun soft skill. Untuk menampung berbagai ide kreatif anak bangsa ini, dalam LKHP telah ditentukan lima sub tema yaitu Pangan, Energi, Inovasi Teknologi, Kesehatandan Lingkungan. Para peserta diwajibkan mengumpulkan naskah LKHP selambat-lambatnya 26 Agustus 2014 (cap post) atau diantar langsung ke sekretariat panitia sebeluam tanggal 31 Agustus 2014. Pengumuman naskah yang terseleksi akan dilaksakan pada 13 September sedangkan partai final akan digelar 20 September 2014.

Saat ini panitia tengah disibukkan berbagai persiapan. Pendaftaran peserta telah dibuka sejak 1 Juni yang lalu. Batas akhir pendaftaran adalah tanggal 30 Agustus. Seluruh informasi kegiatan telah diinformasikan melalui http://bio.unsoed.ac.id/pengumuman/4151-biosfer-1st-biology-olympiad-science-festival-and-research. Menurut informasi panitiaselain untuk siswa telah disiapkan sajian khusus bagi guru pendamping yaitu pengembangan materi untuk guru SMA. “Melalui kesempatan baik ini kami mengundang siswa-siswi SMA dari berbagi penjuru tanah airuntuk menunjukkan karya terbaiknya dalam ajang ini.” Kata Arifin. Maju Terus Pantang Menyerah !