PENGABDIAN MASYARAKAT, UPI FABIO UNSOED NGEBOLANG DI DESA BASEH BANYUMAS

Dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat, Unit Penelitian Ilmiah (UPI) Fakultas Biologi Unsoed sebagai salah satu UKM yang bergerak dibidang penelitian telah mengadakan penyuluhan budidaya jamur. Acara tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 November 2013 bertempat di Balai Pertemuan Desa Baseh Banyumas, acara ini telah diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dengan jumlah total 30 orang peserta penyuluhan yang terdiri dari kalangan perangkat desa, ibu PKK, dan pemuda karang taruna desa tersebut.
21
Acara penyuluhan tersebut diisi oleh oleh salah satu dosen fakultas biologi yang bergerak dibidang ilmu mikologi Drs. Aris Mumpuni M.Phil. sebagai pembicara dalam acara tersebut. Sesuai dengan acara yang bertemakan “Peningkatan Keterampilan Masyarakat Sebagai Sumber Ekonomi Alternatif Melalui Budidaya Jamur”, UPI mengharapkan bahwa dari acara ini dapat meningkatkan keterampilan masyarakat Desa Baseh khususnya dalam hal pembudidayaan jamur. Hal ini ditambahkan oleh ketua panitia penyuluhan budidaya jamur Sumana (2012) “diharapkan dengan adanya acara ini masyarakat Desa Baseh lebih terampil lagi dalam membudidayakan jamur, sehingga dari acara ini dapat membantu masyarakat dalam bidang ekonomi melalui budidaya jamur.
22
Pada dasarnya masyarakat menyambut baik acara ini, mereka mengharapkan adanya tindak lanjutan dari acara ini dengan adanya pendampingan dari dosen-dosen Biologi Unsoed untuk lebih menggali potensi-potensi yang lain di Desa Baseh. Pasalnya di desa tersebut beberapa masyarakat pernah melakukan budidaya jamur. Namun, kebanyakan dari mereka mengaku sulit untuk mengolah budidaya jamur dan merasa sulit untuk membuat ataupun merawat media tumbuh jamur. Oleh karena itu, UPI Fabio Unsoed berusaha untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut melalui acara penyuluhan jamur.