UPI Sahabat Alam : Bersih-bersih Sungai, Ajak Calon Anggota Peduli Lingkungan


Perkembangan zaman yang sangat pesat telah membawa dampak buruk terhadap lingkungan. Banyak individu yang telah mengabaikan kebersihan lingkungan. Padahal, lingkungan dapat menggambarkan kondisi masyarakat di dalamnya. Ketika lingkungan kotor maka yang seharusnya bertanggung jawab terhadap hal tersebut adalah masyarakat itu sendiri. Contohnya saja tentang keberadaan sungai di sekitar kita yang sekarang kondisinya sebagian besar telah memburuk. Hal tersebut telah diakibatkan oleh ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan seenaknya membuang sampah sembarangan. Akibatnya sungai pun kotor dan menurunkan nilai fungsi sungai bagi organisme yang tinggal di sekitarnya.
Berdasarkan hal tersebut, Unit Penelitian Ilmiah (UPI) yang dikenal sebagai UKM yang bergerak di bidang keilmiahan di lingkungan Fakultas Biologi telah menunjukkan dedikasinya terhadap lingkungan untuk kelangsungan ekosistem khususnya Sungai. Dengan kesadaran tersebut baru-baru ini dalam rangka penerimaaan anggota baru, UPI telah libatkan calon anggota baru bersih-bersih sungai. Kegiatan ini di naungi oleh Departemen Sosial UPI. Alasan dari diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa sosial dengan rasa peduli terhadap lingkungan. Acara ini berlangsung pada hari Minggu 21 September 2014 bertempat di Sungai Pelus Purwokerto. Anggota UPI FABIO dan calon anggotanya telah bahu membahu menyukseskan acara ini. Hal tersebut telah tergambar dari semangat aktivitas dalam membersihkan sungai. Semua peserta menyambut positif kegiatan ini, menurut salah satu peserta Ayi menyebutkan bahwa hal ini merupakan hal yang baik dan positif, bahkan ia merekomendasikan agar acara ini rutin untuk dilaksanakan.
Dengan melibatkan calon anggota baru dalam kegiatan tersebut, UPI berharap agar dapat menciptakan anggota yang tidak hanya berkarakter akademik saja tetapi juga untuk membentuk karakter peduli terhadap sesama, baik terhadap masyarakat maupun lingkungannya. Ayo jaga lingkungan kita, kalau bukan kita siapa lagi..??????